Lebih hijau, lebih bersih, lebih tenang dan lebih cerdas, A380 menetapkan standar baru untuk industri penerbangan global dengan efisiensi, profitabilitas, dan efektivitas operasional yang unggul.
Tidak hanya itu menetapkan standar kenyamanan penumpang baru, A380 juga menaikkan bar untuk standar lingkungan dengan tingkat konsumsi bahan bakar dan kebisingan yang rendah - serta mengurangi CO 2 dan NOx emisi.
Spesifikasi
Ukuran
Panjang keseluruhan | 72,7 m |
Panjang kabin | 51,1 m |
Lebar badan pesawat: | 7,1 m |
Lebar kabin maks | Dek utama: 6,5 m Dek atas: 5,8 m |
Rentang sayap (geometris) | 79,8 m |
Tinggi |
24,1 m |
Jalur |
14,3 m |
Jarak roda | 29,7 m |
Kapasitas
orang |
Tempat duduk maksimal |
853 |
Tempat duduk khas 4 kelas | 400-550 |
|
Muatan |
Kapasitas LD3 di bawah lantai |
38 LD3 |
Nomor palet maks di bawah lantai |
13 | |
volume air |
1.574 m 3 |
Kinerja
Jarak | 14 800 km |
Mmo | M0.89 |
Berat jalan maksimum Max |
577 ton |
Berat lepas landas maks |
575 ton |
Berat pendaratan maksimum |
394 ton |
Berat bahan bakar nol maksimum |
369 ton |
Kapasitas bahan bakar maks |
320.000 liter |
Generasi pendapatan
Pengenalan layanan A380 mengantarkan era baru transportasi penerbangan bagi operator. Baik itu digunakan untuk mengurangi jumlah penerbangan dan menciptakan penghematan biaya sambil mempertahankan kapasitas, atau untuk menawarkan kapasitas yang lebih besar dengan slot lepas landas yang lebih sedikit, A380 memberi operator berbagai keuntungan komersial. Selain itu, dengan dua dek panjang penuh, lebih banyak ruang untuk setiap penumpang, dan pengalaman terbang yang tidak dapat ditandingi oleh pesawat lain di angkasa, A380 telah menjadi tiket yang harus dimiliki di setiap rute yang diterbangkannya – menghasilkan penggerak pertama yang signifikan. keuntungan bagi operator.
Teknologi baru
Kokpit A380 – yang didasarkan pada desain dek penerbangan Airbus yang terdepan di industri untuk keluarga jetliner fly-by-wire – menampilkan kemajuan terbaru dalam teknologi kokpit, termasuk tampilan interaktif yang lebih besar, sistem manajemen penerbangan canggih, dan mode navigasi yang ditingkatkan.
Panel instrumen utama A380 menggabungkan delapan unit layar kristal cair yang identik dan dapat dipertukarkan, menyediakan tampilan penerbangan utama, tampilan navigasi, dua tampilan multi-fungsi, tampilan peringatan mesin dan tampilan sistem. Ukuran layar yang lebih besar memberikan peningkatan perspektif bagi pilot dan memungkinkan peningkatan mode presentasi sebagai fungsi kesadaran situasi vertikal yang menghadirkan "potongan vertikal" lintasan pesawat yang menggabungkan informasi jalur penerbangan, medan, dan cuaca.
Inovasi kunci A380 adalah penggunaan perpustakaan elektronik untuk menggantikan sebagian besar dokumentasi kertas tradisional yang digunakan oleh pilot. Pustaka ini memungkinkan kru penerbangan dan pemeliharaan untuk dengan mudah menemukan informasi operasional yang relevan di berbagai manual penerbangan, daftar, dan buku catatan, sekaligus memungkinkan optimalisasi perhitungan kinerja dan bobot dan keseimbangan.
Manajemen landasan pacu
Airbus memperkenalkan teknologi Brake to Vacate yang inovatif pada A380, yang memungkinkan awak penerbangan mengelola pendekatan dan pendaratan secara lebih efektif dengan memilih terlebih dahulu pintu keluar landasan pacu yang optimal. Hal ini dapat mengurangi waktu penggunaan landasan pacu hingga 30% – secara signifikan meningkatkan jumlah pesawat yang dapat ditangani oleh bandara-bandara dunia.
Bahan tingkat lanjut
Dengan menggabungkan kemajuan terbaru dalam struktur dan bahan, A380 menawarkan biaya terendah per kursi dari semua pesawat berbadan lebar, lebih dari 15% lebih rendah dari pesaing terdekatnya. Ini termasuk penggunaan paduan aluminium canggih untuk sayap dan badan pesawat, bersama dengan aplikasi ekstensif material komposit di struktur utama kotak sayap tengah, rusuk sayap, dan bagian badan pesawat belakang.
A380 juga menggunakan material Glare™ pada cangkang atas dan samping pesawat bertekanan. Glare™
adalah laminasi yang menggabungkan lapisan alternatif paduan aluminium
dan perekat yang diperkuat serat kaca, dengan sifat-sifatnya yang
dioptimalkan dengan menyesuaikan jumlah lapisan dan orientasi pita kaca.
Ini menawarkan
pengurangan berat yang signifikan dan memberikan karakteristik ketahanan
terhadap kelelahan dan kerusakan tingkat lanjut.
Efisiensi dan keandalan
Dua opsi mesin generasi baru (Engine Alliance GP7200 dan Rolls-Royce's Trent 900) – dikombinasikan dengan desain sayap dan roda pendarat yang canggih – membuat A380 secara signifikan lebih senyap dibandingkan pesawat besar lainnya – memungkinkan pesawat Airbus yang sangat besar untuk memenuhi peraturan lokal yang ketat di bandara di seluruh dunia.
Dengan desain sayap baru dan material komposit yang menyumbang 25% dari berat strukturalnya, A380 adalah pesawat efisien yang serba bisa. Dengan memproduksi hanya sekitar 75 gram CO 2 per kilometer penumpang, A380 membantu komitmen industri penerbangan untuk meminimalkan emisi gas rumah kaca.
Keandalan dan perawatan A380 semakin ditingkatkan dengan teknologi modern, termasuk sistem pemeliharaan pusat yang ditingkatkan dan generator frekuensi variabel – yang menyederhanakan jaringan pembangkit listrik pesawat besar. Tenaga hidraulik disediakan oleh dua sistem yang sepenuhnya independen dengan tekanan operasi 5.000 psi, bukan 3.000 psi konvensional. Kemampuan untuk menangani tekanan yang lebih tinggi ini menghasilkan peralatan sistem hidraulik yang lebih kecil dan lebih ringan, serta lebih sedikit cairan hidraulik di pesawat, membuktikan bagaimana inovasi Airbus terus memberikan efisiensi di setiap bidang desain dan manufaktur pesawat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar