Tak ada dikotomi (pemisahan) ilmu pengetahuan (kecuali ilmu sihir).

Rabu, 02 Juni 2021

40 CONTOH SOAL PPPK 2021 KOMPETENSI TEKNIS - Part 1

Seleksi pengadaan PPPK terdiri atas 2 (dua) tahap, yaitu :
a. seleksi administrasi; dan
b. seleksi kompetensi.

Seleksi administrasi dilakukan untuk mencocokkan persyaratan administrasi dan kualifikasi dengan dokumen pelamaran.

Seleksi kompetensi dilakukan untuk menilai kesesuaian kompetensi manajerial, kompetensi teknis, dan kompetensi sosial kultural yang dimiliki oleh pelamar dengan standar kompetensi jabatan.

Kompetensi Manajerial adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dikembangkan untuk memimpin dan/atau mengelola unit organisasi.

Kompetensi Teknis adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan.

Kompetensi Sosial Kultural adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dikembangkan terkait dengan pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk dalam hal agama, suku dan budaya, perilaku, wawasan kebangsaan, etika, nilai-nilai, moral, emosi dan prinsip, yang harus dipenuhi oleh setiap pemegang jabatan untuk memperoleh hasil kerja sesuai dengan peran, fungsi dan jabatan.

Berikut 40 Contoh Soal PPPK Tahun 2021

KOMPETENSI TEKNIS



1. Media pembelajaran yang cocok untuk menjelaskan materi tentang Kenarok dan
Kendedes adalah….
A. Sejarah tokoh masyarakat jawa
B. Sumber buku paket
C. Gambar peta dan globe
D. Video kisah kenarok dan ken dedes
E. Gambar candi
Jawaban D


2. Pemberian Umpan balik jika siswa heterogen adalah….
A. Representative feedback
B.Comulatif feedback
C.Quantitative Feedback
D. Institutionalized Feedback
E. Eksternal feedback
Jawaban A


3. Pemberian Umpan balik kepada peserta didik penting dilakukan meningkatkan
keberhasilan, memperbaiki kesalahan, membantu untuk mengungkap kesalahpahaman,
menyarankan perbaikan tertentu, jenis umpan balik jika siswa homogen adalah….
A. Representative feedback
B.Comulatif feedback
C.Quantitative Feedback
D. Institutionalized Feedback
E. Eksternal feedback
Jawaban B 


4. Pengamatan Pertumbuhan pohon singkong merupakan penilaian....
A. Kinerja
B. Produk
C. Portofolio
D. Proyek
E. Praktik
Jawaban D 


5. Menyanyikan lagu indonesia raya merupakan penilaian...
A. Kinerja
B. Produk
C. Portofolio
D. Proyek
E. Praktik
Jawaban E 


6. Membuat anyaman merupakan penilaian….
A. Kinerja
B. Produk
C. Portofolio
D. Proyek
E. Praktik
Jawaban B 


7. Siswa membuat laporan hasil pengamatan proses fotosintesis termasuk penilaian ....
A. Kinerja
B. Produk
C. Portofolio
D. Proyek
E. Praktik
Jawaban B 


8. Siswa menyajikan laporan hasil pengamatan proses fotosintesis termasuk penilaian ....
A. Kinerja
B. Produk
C. Portofolio
D. Proyek
E. Praktik
Jawaban E 


9. Siswa diminta mengamati proses fotosintesis termasuk penilaian...
A. Kinerja
B. Produk
C. portofolio
D. Proyek
E. Praktik
Jawaban D 


10. Dalam pembelajaran di kelas anda terdapat 2 siswa anda yang berkebutuhan
khusus,pembelajaran apa yang tepat dilakukan dalam menghadapi kondisi ini…
A. menyuruh anak itu mngerjakan soal kedepaan dan membimbingnya
B. Membagi kelompok diskusi
C. Melakukan pembimbingan di tempat duduk mereka
D. Mengelompokan dengan siswa pintar agar bisa ikut terimbas
E. Memisahkan kedua siswa dengan siswa normal lainnya dengan perlakuan berbeda
Jawaban C 


11. Jika ingin membangkitkan rasa ingin tau dan gemar membaca maka cara efektif yang
akan anda lakukan adalah….
A.diajak ke perpus rutin dan membuat mading poster
B.diajak ke laboratorium sains dan mencari literatur tentang sains
C.Kegiatan membaca rutin setiap pagi sebelum masuk ruangan dan membuat majalah
diding
D. Memajang hasil karya puisi siswa
E. Lomba menulis naskah drama.
Jawaban B 


12. Penilaian harus mampu menelusuri dan melacak kemajuan siswa sesuai dengan rencana
pembelajaran yang telah ditetapkan.ini prinsip penilaian sebagai....
A. Keeping track
B. Checking up
C. Finding out
D. Summing up
E. Finding in
Jawaban A 


13. Penilaian harus mampu mengecek ketercapaian kemampuan peserta didik dalam proses
pembelajaran. Ini adalah Prinsip penilaian otentik sebagai...
A. Keeping track
B. Checking up
C. Finding out
D. Summing up
E. Finding in
Jawaban B 


14. Guru menguasai bidang keilmuan lain yang menunjang proses pembelajaran Adalah
kompetensi...
A. Pedagogik
B. Profesional
C. Kepribadian
D. Sosial
E. Budaya
Jawaban A 


15. Dalam mengawali pelajarannya, Pak Mamaz Nendar menyampaikan suatu
permasalahan guna menggugah dan menimbulkan kepenasaran-kepenasaran para
siswanya. Langkah tersebut bertujuan untuk mendorong para siswa agar mau mengembangkan kreativitasnya . Langkah yang dilakukan Pak Mamaz Nendar itu
merupakan bagian dari model pembelajaran….
A. portofolio
B. saintifik
C. Penemuan Diskoveri learning
D. Autentik
E. Contekstual Teaching and learning
Jawaban C 


16. Dalam mengawali pelajarannya, Pak Ali merumuskan pertanyaan, mengumpulkan data
(informasi) dengan berbagai teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data
(informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari
kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap. Langkah yang
dilakukan Pak Ali itu merupakan bagian dari model pembelajaran…
A. portofolio
B. saintifik
C. penemuan
D. Autentik
E. Kontekstual
Jawaban B 


17. Manakah cara yang paling efektif dan bermakna dalam mengkomunikasikan hasil
penilaian harian atau capaian sementara kepada siswa dan orangtua,
a. Menggunakan angka angka dan peringkat sementara siswa dalam kelas
b. Menggunakan angka angka tanpa disertai peringkat
c. dalam bentuk kategori A: sangat baik, B= baik, C=kurang, D, kurang sekali
d. Dalam bentuk angka, KKM yang dicapai pada mata pelajaran dan kelulusannya
e. Dalam bentuk deskripsi tentang kkm yang sudah dicapai dan belum dicapai
Jawaban E 


18. Penilaian yang dilakukan oleh seorang guru harus dapat menilai kemampuan siswa
sesuai dengan tuntutan kurikulum dan meliputi berbagai aspek. Hal ini sesuai dengan
prinsip ….
A. Terbuka
B. menyeluruh.
C. bermakna
D. adil
E. sahih
Jawaban B 


19. Salah satu indikator yang yang dapat menunjukkan kualitas butir tes uraian yang baik
adalah ....
A. menuntut jawaban berupa ungkapan pendapat siswa
B. menuntut jawaban berupa fakta-fakta yang sebenarnya
C. ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar
D. ditulis oleh guru yang mengajar dikelas dikelas
E. pertanyaan tidak berupa kalimat yang panjang
Jawaban A 


20. Berikut ini merupakan faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam pengembangan kisi-
kisi tes uraian, kecuali ....
A. penentuan alokasi waktu
B. penentuan pokok bahasan
C. penentuan indikator/tujuan
D. pendistribusian butir soal
Jawaban C 


21. Berdasarkan hasil tes, para siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelas sesuai dengan
tingkat IQ nya. dilihat dari fungsinya maka tes tersebut termasuk pada jenis tes ....
A. seleksi
B. Penempatan
C. Pre Test-pos test
D. diagnostik
Jawaban B 


22. Disediakan dua magnet dan paku, siswa melakukan percobaan tarik menarik kutub
medan magnet . Komponen tujuan pembelajaran yang kurang dari hal tersebut adalah...
A. Condition
B. Behavior dan degree
C. condition dan degree
D. Audience
E. degree
Jawaban E 


23. Media yang cocok untuk menggambarkan tentang banjir adalah..
A. Video
B. gambar banjir
C. potongan artikel berita di media cetak
D. peta persebaran potensi banjir
E. berita perkiraan cuaca di televisi
Jawaban C 


24. Media yang tepat untuk mengajarkan kebutuhan ekonomi yang melonjak tinggi adalah
A. Potongan artikel media cetak B. Video di kanal youtube
C. tayangan berita di televisi
D. daftar harga barang pokok terbaru
E. buku paket
Jawaban C 


25. Penilaian yang dilakukan oleh seorang guru harus didasarkan pada prosedur dan
kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi subjektivitas penilai.. Hal ini sesuai dengan prinsip
….
A. Terbuka
B. menyeluruh.
C. bermakna
D. adil
E. obyektif
Jawaban E 


26. Pak Liman adalah seorang guru olah raga pagi ini dia akan mengadakan penilaian
praktik berenang. Prinsip penilaian yang dilakukan adalah…
a. sahih
b. obyektif
c. menyeluruh
d. sistematis
e. beracuan kriteria
Jawaban A 


27. Bu Linda adalah seorang guru seni, Hari ini dia ingin menilai kemampuan siswa dalam
membuat lukisan, selain hasil lukisan siswa yang di nilai , teknik dalam menggambar,
cara menggunakan alat dan perlengkapan dan juga sikap siswa dalam menghargai karya
temannya juga menjadi acuan dalam penilaian. Dalam hal ini bu linda telah menerapkan
prinsip ….
a. sahih
b. obyektif
c. menyeluruh
d. sistematis
e. beracuan kriteria
Jawaban C 


28. Pak Bejo adalah guru PKn di sekolah “mekar Indah”. Dia tinggal di desa Mangun
Harjo. Siska adalah tetangga dari Pak Bejo. Setiap pembagian hasil evaluasi siska selalu
diberi nilai 85 oleh pak Bejo. Sementara Rudi siswa yang paling pintar di kelasnya
hanya mendapat 80. Dari kasus di atas artinya Pak Bejo tidak melaksanakan prinsip
penilaian….
a. Adil
b. obyektif
c. menyeluruh
d. sistematis
e. beracuan kriteria
Jawaban B 


29. Hari ini diadakan penilaian harian oleh Pak Rendra guru Fisika. Jumlah nomor soal ada
10. Siswa dengan absen ganjil mengerjakan nomor ganjil, siswa dengan nomor absen
genap mengerjakan soal nomor genap. Yang dilakukan Pak Rendra tidak sesuai dengan
prinsip penilaian….
a. Adil
b. obyektif
c. menyeluruh
d. sistematis
e. beracuan kriteria
Jawaban A 


30. Hari ini diadakan penilaian harian oleh Pak Bobi guru Bahasa Jawa . Jumlah nomor
soal ada 10. Siswa diminta untuk mengerjakan 7 nomor soal dari 10 soal yang diberikan.
Siswa bebas memilih 7 nomor soal dari 10 soal yang diberikan pak Bobi. Yang
dilakukan Pak Bobi tidak sesuai dengan prinsip penilaian….
a. Adil
b. obyektif
c. menyeluruh
d. sistematis
e. beracuan kriteria
Jawaban A 


31. Pagi ini penyerahan Raport untuk siswa “SMP Mekar Sari”. Bu Neni adalah Guru
Matematika di SMP tersebut. Saat sehabis pembagian raport tiba tiba bu neni di datangi
oleh orang tua murid sambal marah marah dan menggerutu karena nilai anaknya jelek
padahal menurutnya anaknya adalah siswa yang pintar. Bu neni kemudian menjelaskan
teknik prosedur dan hasil pengolahan nilainya dari nilai harian, PTS, dan PAS serta nilai
sikap siswa dengan buku catatan penilaian yang lengkap. Dan akhirnya orang tua siswa
tersebut dapat mengerti bahwa nilai anaknya memang sesuai dengan fakta. Dengan
demikian Bu neni telah melaksanakan prinsip penilaian….
a. Adil
b. obyektif
c. menyeluruh
d. sistematis
e. akuntabel
Jawaban E 


32. Dalam setiap kali penilaian Pak Joko selalu membuat rubric penilaian yang berisi
kriteria penilaian yang mencerminkan kompetensi yang akan dinilai. Hal ini sesuai
dengan prinsip penilaian….
a. sistematis
b. beracuan kriteria
c. menyeluruh
d. sistematis
e. akuntabel
Jawaban B 


33. Dalam setiap pembelajaran , Pak Candra selalu mengadakan penilaian untuk melihat
daya serap siswa terhadap materi yang telah diberikan Dalam setiap pembelajaran ,
a. sistematis
b. beracuan kriteria
c. terpadu
d. sistematis
e. akuntabel
Jawaban C 


34. Pada awal semsster Pak Budi sebagai guru IPA selalu menjelaskan penilaian yang akan
dilaksanakan selama satu semester dan penentuan nilai akhir IPA yang akan dijadikan
dasar untuk pemberian nilai raport . Hal ini artinya Pak Budi telah menerapkan prinsip
penilaian…..
a. sistematis
b. terbuka
c. terpadu
d. sistematis
e. akuntabel
Jawaban B 


35. Perhatikan butir soal uraian berikut.Sebutkan 3 buah sungai di proninsi Jawa Barat
yang bermuara di Laut Jawa.Butir soal tersebut ….
A. cukup bagus karena jumlah sungai yang ditanyakan sudah terukur
B. cukup bagus karena ditulis dengan bahasa yang mudah dimengerti
C. jelek karena hanya megukur tingkat berpikir rendah /ranah ingatan
D. jelek karena ditulis dalam kalimat yang sangat pendek
Jawaban C 


36. Dari banyaknya definisi /batasan yang dikemukakan oleh para ahli, namun esensi dari
pengertian penilaian portofolio adalah .... 

A. kumpulan hasil karya siswa.
B. rekaman hasil karya siswa
C. rangkaian hasil karya siswa
D. kumpulan nilai siswa
E. Kumpulan Siswa
Jawaban A 


37. Untuk mencegah terjadinya jawaban siswa yang sangat beragam, jenis tes uraian yang
paling tepat digunakan adalah ….
A. tes uraian bebas
B. tes uraian terbatas
C. yang sederhana
D. yang sangat kompleks
Jawaban B 


38. Dengan melihat hasil pre-test, seorang guru dapat mengetahui bahwa 3 dari 8 soal yang
diberikan mampu dijawab hampir seluruh siswa dengan benar. Jika Anda sebagai guru,
manfaat apa yang dapat dipetik dari informasi tadi.
A. Mengajarkan seluruh materi sesuai dengan kurikulum agar penguasaan siswa lebih
baik
B. 3 dari 8 soal tersebut tidak akan ditanyakan lagi pada saat melakukan post-test
C. Materi yang telah dikuasai siswa tidak perlu diajarkan lagi pada proses kegiatan
belajar mengajar.
D. melaksanakan pelajaran remedial untuk materi yang belum dikuasai siswa
berdasarkan hasil pre-test
Jawaban C 


39. Dalam rangka menilai tingkat keberhasilan pembelajaran maka perlu dilakukan
penilaian dalam bentuk tes . Didalam penilaian dikenal dengan sitilah tes formatif dan
tes sumatif. Perbedaannya adalah...
A. Cakupan materi dan bentuk soal
B. Bentuk soal dan waktu pelaksanaan
C. cakupan materi dan waktu pelaksanaan
D. Bentuk soal dan kondisi peserta didik
Jawaban C 


40. Seorang peserta didik memprotes skor yang diperoleh pada soal nomor 4 dalam
ulangan yang telah dilaksanakan. Menurud siswa tersebut seharusnya mendapat skor 5
akan tetapi guru memberikan skor 3. Guru tersebut menjelaskan pembobotan nilai pada
soal tersebut dengan menjelaskan kriteria pensekoran yang terdiri dari 0,1,2,3,4,5.
Peserta didik pun mengerti dan menerima skor tersebut. Prinsip penilaian yang
diterapkan guru adalah... 

A. Terbuka
B. Akuntabel
C. objektif
D. Menyeluruh
E. adil
Jawaban A 

 

Sumber: Daringmat channel 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Tag Terpopuler