Tak ada dikotomi (pemisahan) ilmu pengetahuan (kecuali ilmu sihir).

Selasa, 26 Desember 2023

Sundaland Benua Cikal Bakal Indonesia

Sundaland
Benua Tenggelam Cikal Bakal Indonesia. FOTO/ WION NEWS



Wilayah barat laut di Australia dan Selandia Baru yang sekarang terendam air pernah menjadi rumah bagi sekitar setengah juta orang hal itu diungkapkan oleh sebuah studi penelitian.

Wilayah tersebut terdiri dari Semenanjung Australia, Malaysia, Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan Bali yang Sundaland.

“Kehadiran kepulauan yang luas ini kemungkinan besar memfasilitasi keberhasilan penyebaran penjelajah maritim pertama dari Wallacea wilayah Indonesia modern,” kata Ketua Peneliti Kasih Norman seperti dilansir dari Wion News, Jumat (22/12/2023).

Sundaland dulunya merupakan sebuah daratan yang luas, tetapi pada akhir zaman es terakhir tenggelam akibat naiknya permukaan laut.

Sundaland merupakan rumah bagi berbagai macam budaya dan peradaban kuno. Di antara peradaban yang paling terkenal adalah peradaban Sriwijaya, yang pernah menguasai sebagian besar wilayah Asia Tenggara pada abad ke-7 hingga ke-13.

Naiknya permukaan laut telah menyebabkan banyak situs bersejarah di Sundaland hilang. Namun, para arkeolog masih terus melakukan penelitian untuk mengungkap sejarah peradaban kuno yang pernah hidup di wilayah tersebut.

Untuk mencegah hilangnya situs bersejarah tersebut terjadi, perlu dilakukan upaya-upaya untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan mencegah perubahan iklim. Selain itu, perlu juga dilakukan upaya peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Tag Terpopuler