Tak ada dikotomi (pemisahan) ilmu pengetahuan (kecuali ilmu sihir).

Senin, 07 Desember 2020

6 Manfaat Minum Cokelat Panas Untuk Kesehatan

 

Manfaat Cokelat Panas Untuk Kesehatan


Dalam hal minuman panas, orang Indonesia lebih akrab dengan kopi, teh, atau minuman dari rempah-rempah seperti wedang jahe, bandrek, dan lain-lain. Namun, ternyata ada minuman panas lain yang memiliki rasa yang nikmat sekaligus bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Minuman tersebut adalah cokelat panas.

Cokelat Panas Bisa Memberikan Banyak Manfaat Kesehatan


Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam The Netherlands Journal of Medicine (jurnal pengobatan Belanda), disebutkan bahwa rutin minum cokelat panas yang berasal dari bubuk kakao bisa membuat kita mendapatkan banyak antioksidan. Keberadaan antioksidan inilah yang bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, khususnya dalam hal melawan paparan buruk radikal bebas dan stres oksidatif.

Manfaat Minum Cokelat Panas


Pakar kesehatan menyebut ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari secangkir cokelat panas. Berikut adalah manfaat-manfaat kesehatan tersebut.

1. Meningkatkan Kesehatan Organ Kardiovaskular

Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya pada British Journal of Nutrition (jurnal nutrisi Inggris), disebutkan bahwa rutin minum cokelat panas bisa membuat organ kardiovaskular seperti jantung dan pembuluh darah menjadi semakin sehat. Hal ini berarti, risiko terkena penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke bisa diturunkan dengan signifikan.

Hal ini disebabkan oleh keberadaan senyawa flavalol di dalam minuman ini yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat, tekanan darah, serta memperbaiki kondisi pembuluh darah sehingga bisa mengalirkan darah dengan lebih rileks dan maksimal.

2. Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak Semakin 

Penelitian membuktikan bahwa rutin minum dua cangkir cokelat panas dalam sehari bisa membuat fungsi kognitif otak terjaga. Bahkan, hal ini juga disebut-sebut bisa mencegah risiko pikun pada orang tua.

Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan polifenol di dalam cokelat yang bisa membuat fungsi otak membaik dan flavanol yang bisa memperbaiki sirkulasi darah. Hal ini akan berimbas pada otak yang tetap bisa mendapatkan darah yang kaya akan oksigen dan nutrisi. Dampaknya tentu akan membuat fungsinya terjaga sekaligus mengurangi risiko terkena penyakit alzheimer dan Parkinson.

3. Meningkatkan Suasana Hati

Minum cokelat panas juga bisa membuat suasana hati kita meningkat. Kita akan merasakan sensasi tenang sekaligus meredakan stres jika sebelumnya kita mengalaminya. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan flavanol yang bisa memberikan dampak-dampak tersebut.

Berdasarkan penelitian, senyawa flavanol juga bisa membuat risiko terkena gangguan kesehatan mental seperti depresi diturunkan dengan signifikan.

4. Menurunkan Risiko Diabetes

Meskipun tergolong dalam minuman dengan rasa yang manis, pakar kesehatan menyebut cokelat hangat ternyata memiliki kandungan flavanol yang bisa mencegah datangnya diabetes. Hal ini disebabkan oleh kemampuannya dalam mengendalikan kadar gula darah. Flavanol mampu membuat pencernaan melambat sehingga penyerapan karbohidrat pun tidak akan berlangsung terlalu cepat. Hal inilah yang berimbas pada menurunnya risiko diabetes.

5. Mengendalikan Berat badan

Minum secangkir cokelat panas secara rutin bisa membantu mengendalikan berat badan. Hal ini disebabkan oleh kemampuan minuman ini dalam membuat regulasi energi tubuh semakin membaik. Dampaknya adalah kita tidak akan mudah lapar atau tertarik mengonsumsi camilan yang tidak sehat. 
Namun, untuk sebagian orang yang mempunyai penyakit mag mungkin akan berbeda. Sebaiknya berkonsultasi dulu dengan ahli kesehatan.

6. Meningkatkan performa olahraga

Minum coklat panas memberi manfaat bagi peningkatan energi tubuh. Diungkapkan dalam sebuah studi dalam The Journal of the International Society of Sports Nutrition, coklat mampu menyuplai ketersediaan oksigen dalam darah saat berolahraga. 
Agar mendapatkan manfaat paling optimal, seduhlah bubuk kakao alami yang rendah gula.

Referensi:
1. https://doktersehat.com/manfaat-minum-cokelat-panas/
Diakses 7 Des 2020
2. https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-minum-coklat-panas/#gref  Diakses 7 Des 2020


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Tag Terpopuler