Tak ada dikotomi (pemisahan) ilmu pengetahuan (kecuali ilmu sihir).

Jumat, 22 September 2023

LITERASI MEMBACA


Apa itu literasi membaca?.
Literasi membaca adalah kemampuan seseorang untuk memahami, menafsirkan, dan menggunakan informasi yang terkandung dalam teks tertulis. Ini mencakup kemampuan membaca dengan pemahaman, mengidentifikasi informasi penting, mengkritisi atau menganalisis teks, serta mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh dari membaca ke dalam kehidupan sehari-hari. Literasi membaca adalah keterampilan penting yang memungkinkan seseorang untuk belajar, berpartisipasi dalam masyarakat, dan mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang berbagai topik.

Berikut adalah hal-hal penting dalam literasi membaca

A. Menemukan informasi 

Mengakses dan mencari informasi dalam teks . Menemukan informasi tersurat ( siapa , kapan , di mana mengapa , bagaimana ) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya 

B. Memahami 

1. Memahami teks secara literal . Mengidentifikasi perubahan dalam elemen intrinsik ( ke jadian / karakter / setting / konflik / alur cerita ) pada teks sastra sesuai jenjangnya . 

2. Menyusun inferensi , membuat koneksi dan prediksi , baik teks tunggal maupun teks jamak 

3. Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh serta elemen intrinsik lain seperti latar cerita , kejadian - kejadian dalam cerita berdasarkan informasi rinci di dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya . 

4. Menyusun inferensi ( kesimpulan ) berdasarkan unsur - unsur pendukung ( grafik , gambar , tabel , dan lain - lain ) di dalam teks sastra atau teks informasi sesuai jenjangnya . Membandingkan hal - hal utama ( misalnya karakter tokoh atau elemen intrinsik lain ) dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya . 

C. Mengevaluasi dan Merefleksikan 

1. Menilai format penyajian dalam teks . Menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya . 

2 . Merefleksikan isi wacana untuk pengambilan keputusan , menetapkan pilihan , dan men gaitkan isi teks terhadap pengalaman pribadi . Merefleksikan pengetahuan baru yang diperoleh dari teks sastra atau teks informasi terhadap pengetahuan yang dimilikinya yang terus meningkat sesuai jenjangnya . 

D. Menemukan informasi 

Mengakses dan mencari informasi dalam teks . Menemukan informasi tersurat ( siapa , kapan , di mana , mengapa , bagaimana ) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya . 

Referensi:
LIBAS AKM UNTUK SMK MAK. Fitri Lianingsih. Penerbit Andi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Tag Terpopuler