Tak ada dikotomi (pemisahan) ilmu pengetahuan (kecuali ilmu sihir).

Senin, 20 Agustus 2018

Ilmuwan New Zealand (Selandia Baru) Punya Ide Gila: Menanam CO2 Di Palung Sunda

Ilmuwan Selandia Baru telah menerbitkan sebuah makalah penelitian dalam jurnal Energy Procedia yang menunjukkan bahwa karbon dioksida yang ditarik dari atmosfer dapat disimpan secara permanen di parit laut dalam atau palung. Ia adalah Steve Goldthorpe, menurutnya gas akan menjadi cair lebih padat daripada air laut, yang akan menyebabkannya jatuh secara alami ke dasar laut dan menciptakan danau bawah laut. Makalah penelitiannya ditulis dalam bahasa Inggris berjudul- Potential for Very Deep Ocean Storage of CO2 Without Ocean Acidification (berpotensi untuk penyimpanan laut sangat dalam dari CO2 tanpa pengasaman laut).

Latar Belakangnya  Global Warming

Untuk mencegah perubahan serius terhadap planet Bumi, kebanyakan ilmuwan setuju bahwa kita harus menghentikan memompa gas rumah kaca yang disebut Efek rumah kaca sebagai salah satu penyebab pemanasan global atau global warming, terutama karbon dioksida ke atmosfer - dan kita mungkin harus mulai mencoba menghilangkan setidaknya sebagian dari apa yang telah kita taruh di sana. Tapi kemana kita harus membuangnya? Kita tidak bisa membuangnya di suatu tempat, karena itu adalah gas dan akan kembali ke atmosfer. Beberapa orang menyarankan untuk menyuntikkannya ke dalam sumur gas alam bekas atau lubang bawah tanah lainnya. Goldthorpe menunjukkan bahwa mungkin lautan akan menjadi pilihan yang lebih baik, dengan catatan bahwa pada kedalaman 3000 meter, kepadatan karbon dioksida lebih besar daripada air laut., yang berarti itu akan tenggelam. Idealnya, itu akan tenggelam ke dalam semacam lubang sehingga tidak akan menyebar di dasar lautan. Palung laut, katanya, bisa melayani tujuan itu. Dia menambahkan bahwa ada kemungkinan bahwa dalam jangka waktu yang lama, karbon dioksida akan memadat.

Palung Sunda Jadi Pilihannya

Goldthorpe mengambil idenya lebih jauh dengan menawarkan beberapa situs yang mungkin — dia menggunakan Google Earth untuk memeriksa kandidat yang cocok. Dia mencatat bahwa palung Sunda, yang 6 kilometer di bawah permukaan di daerah selatan kepulauan Indonesia tepatnya di selatan Jawa dan Sumatra akan menjadi pilihan yang baik. Gambar di bawah ini adalah capture dari artikelnya
sunda trench

paku mading berwarna kuning menunjukan kedalaman palung sunda yang ideal menurutnya.
Menurut perhitungannya palung Sunda bisa menampung 19 triliun ton karbon dioksida cair, yang menurutnya lebih dari semua karbon dioksida yang disuntikkan manusia ke atmosfer hingga saat ini. Kemungkinan lain mungkin termasuk parit Jepang Ryukyu atau parit Puerto Rico, katanya.
Ia juga menyimpulkan dengan mengakui bahwa lebih banyak penelitian harus dilakukan sebelum pertimbangan serius, terutama untuk mencegah bagian atas menyebar atau menyebabkan peningkatan keasaman laut .

Ini Sebuah Ide Gila

Dikutip dari Phys.org, Banyak komentar dari ilmuwan lain yang menentang teori ini. Mengingat sebagian besar palung Sunda berada di wilayah aktivitas gunung berapi tinggi seperti Krakatau, akan terkena kekuatan aktivitas vulkanik atau pergeseran tektonik yang dapat mengakibatkan pelepasan atmosfer dari danau karbon dioksida yang disimpan secara permanen.
“Saya pikir ini sangat menarik tetapi buruk, berpotensi ke tingkat kepunahan kita, ide yang buruk”. Kata sebuah komentar.
Kata komentar lain, “Mungkin ada atau mungkin tidak ada danau CO2 di dasar lautan, tetapi kita tidak pernah bisa menjamin apa pun yang kita letakkan di sana akan tetap di tempat kita meletakkannya. Di atas kertas tampak seperti ide yang bagus tetapi dengan gerakan terus menerus arus lautan, bahwa konsentrasi CO2 yang besar akan tetap tinggal mungkin sangat kecil”.
Bagi kita orang Indonesia, jelas ini ide yang gila karena sangat berbahaya jika direalisasikan. Mengapa demikian?. Sebagaimana kita tahu, negara kita termasuk negara rawan bencana gempa bumi, letusan gunung berapi karena terletak di cincin api. Sebagai contoh, dikutip dari Antara News, pada tahun 2007 gempa bumi berkekuatan 5,9SR yang melanda Sukabumi, Jawa Barat dan sekitarnya pada pukul 03.31 kemungkinan besar terkait dengan pergerakan Palung Sunda. Kata kepala BMG Yogyakarta. Titik pusat gempa berada di sekitar 200 km selatan Pelabuhan Ratu, Sukabumi di kedalaman 59 km.


Pada tahun 2009, sejumlah pakar geologi Indonesia dan asing menemukan gunung berapi di palung Sunda, barat daya Sumatra, 330 km dari Bengkulu di kedalaman 5.900 meter. Dengan tinggi 4.600 meter diukur dari dasar laut, puncak gunung tersebut di kedalaman 1.280 meter diukur dari permukaan laut, dan memiliki diameter 50 km. Menurut para pakar geologi Indonesia dan sejumlah negara asing itu merupakan gunung api terbesar di Indonesia. Sebagai perbandingan, Gunung Kerinci tingginya sekitar 3.800 meter dan Gunung Semeru sekitar 3.600 meter. Bila gunung itu meletus, maka sangat berbahaya karena gunung yang berada di tengah laut itu bisa menimbulkan gelombang besar di permukaan laut, bahkan tsunami. Apalagi jika co2 ditanam di palung sunda, selain gelombang besar dan tsunami, air lautpun akan bercampur dengan racun co2 yang bisa membunuh kehidupan laut, bahkan manusia.
Berita tentang penemuan gunung berapi di palung Sunda ini dapat Anda baca di Kompas.com dan AntaraNews.
Jika Anda ingin mempelajari artikel peneliti ini, silahkan download di



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Tag Terpopuler