Tak ada dikotomi (pemisahan) ilmu pengetahuan (kecuali ilmu sihir).

Selasa, 31 Juli 2018

Koma salah tempat yang merugikan

Bagi kebanyakan orang, koma nyasar bukanlah akhir dari dunia. Namun dalam beberapa kasus, penempatan tanda baca yang tepat dapat menghabiskan banyak uang.

Seberapa besar biaya koma salah tempat?
Jika Anda mengirim SMS ke orang yang dicintai atau mengirimkan email ke rekan kerja, biaya salah penempatan sepotong tanda baca akan - paling buruk - wajah merah dan campuran kecil.
Namun bagi sebagian orang, koma yang kontroversial bisa menjadi jalan menuju rumah miskin.
Sebuah perusahaan susu di kota AS, Portland, Maine menyelesaikan kasus pengadilan sebesar $ 5 juta awal tahun ini karena koma yang hilang.
Tiga pengemudi truk Oakhurst Dairy mengklaim bahwa mereka dibayar selama bertahun-tahun upah lembur yang tidak dibayar, semua karena cara koma digunakan dalam undang-undang yang mengatur pembayaran lembur.

(Credit: Getty Images)
 
Undang-undang negara menyatakan bahwa lembur bukan karena pekerja yang terlibat dalam " pengalengan, pengolahan, pemeliharaan, pembekuan, pengeringan, pemasaran, penyimpanan, pengemasan untuk pengiriman atau distribusi: 1) hasil pertanian; 2) daging dan produk ikan; dan 3) makanan yang mudah rusak ”.
Para pengemudi berhasil menyatakan bahwa karena tidak ada koma setelah “pengiriman” dan sebelum “atau distribusi”, mereka harus membayar uang lembur. Jika koma telah ada di sana, hukum akan secara eksplisit mengesampingkan mereka yang mendistribusikan makanan yang mudah rusak.
Karena ada kebingungan, Pengadilan Banding AS memutuskan menguntungkan mereka , menguntungkan sekitar 120 pengemudi perusahaan. David Webbert, pengacara yang membantu membawa kasus terhadap perusahaan, mengatakan kepada wartawan pada saat itu bahwa dimasukkannya koma dalam klausul "akan menenggelamkan kapal kami". (Dia tidak menanggapi permintaan wawancara dari BBC.)
Kesalahan sekecil apa pun dalam memberi tanda klausul dalam kontrak dapat menimbulkan konsekuensi besar yang tidak diinginkan
Kesalahan ini menunjukkan bahwa kesalahan sekecil apapun dalam memberi tanda klausul dalam kontrak dapat menimbulkan konsekuensi yang tidak diinginkan.
"Tanda baca penting," kata Ken Adams, penulis A Manual of Style for Contract Drafting. Tetapi tidak semua tanda baca dibuat sama: ranjau darat kontrak tidak diunggulkan dengan titik koma atau em-dash (inilah satu: -) menunggu untuk meledak ketika tersandung.
"Itu bermuara pada koma," kata Adams. "Mereka penting, dan bagaimana tepatnya tergantung pada konteksnya."
Memberikan definisi
Koma dalam kontrak menghubungkan klausul terpisah dengan cara yang tidak definitif, membiarkan pembacaan mereka terbuka untuk interpretasi. Sementara perhentian penuh secara harfiah adalah - perhentian penuh dan lengkap untuk satu pemikiran atau kalimat, dan tanda dimulainya yang lain - koma menempati jalan tengah linguistik, dan salah satu yang sering kacau. “Koma adalah proxy untuk kebingungan seperti apa bagian kalimat yang berkaitan dengan apa,” jelas Adams.
Koma menempati jalan tengah linguistik, dan salah satu yang sering kacau
Bahasa Inggrisnya cair, berkembang, dan sangat subjektif. Argumen telah diperebutkan atas nilai yang disebut koma Oxford ( tanda koma opsional sebelum kata "dan" atau "atau" di akhir daftar). Mungkin ada argumen yang bagus di kedua sisi perdebatan, tetapi ini tidak berlaku untuk hukum karena perlu ada jawaban pasti: ya atau tidak. Dalam perjanjian hukum berisiko tinggi, bagaimana koma dikerahkan sangat penting untuk maknanya. Dan dalam kasus Oakhurst Dairy terhadap driver pengirimannya, koma Oxford dinilai telah menguntungkan arti yang terakhir.
Tapi hanya karena Anda bermaksud mengatakan sesuatu, itu tidak berarti bahwa pengadilan akan setuju dengan Anda, kata Jeff Nobles, seorang pengacara banding yang berbasis di Texas yang terlibat dalam kasus asuransi yang bergantung, pada bagian, pada tanda baca dari sebuah kontrak.
Menurut Nobles, sebagian besar pengadilan AS akan mengatakan itu tidak benar-benar peduli apa yang diinginkan oleh pihak-pihak secara subyektif; ini adalah tujuan yang objektif dalam ketentuan tertulis dari kontrak mereka. "Tanda baca terkadang akan mengubah arti kalimat," katanya.
Bangsawan mewakili sebuah perusahaan asuransi dalam kasus Mahkamah Agung Texas tentang perlindungan asuransi bagi seorang pekerja yang meninggal di tempat kerja.
Bangsawan dengan sukses menyatakan bahwa tanda baca penting untuk ketentuan ganti rugi kontrak, ketika perusahaan mencoba untuk memicu pertanggungan di bawah polis asuransi payungnya setelah karyawan subkontrak meninggal pada pekerjaan itu. Ini menetapkan preseden dalam sistem hukum negara, ia percaya.
Dia mengatakan pengadilan AS telah menjadi semakin tekstual - "mereka telah melihat lebih banyak dan lebih pada kata-kata di atas kertas daripada kesaksian orang-orang yang menggunakan kata-kata di atas kertas."
Namun argumen tentang koma telah mengamuk selama lebih dari satu abad.
'Sebuah koma yang mahal'
Pada tahun 1872, undang-undang tarif Amerika termasuk pembayar pajak biaya koma yang tidak diinginkan hampir $ 2 juta (setara dengan $ 40 juta hari ini). Undang-undang Tarif Amerika Serikat, seperti yang awalnya disusun pada tahun 1870, memungkinkan “tanaman buah, tropis dan semi-tropis untuk tujuan propagasi atau budidaya” agar dibebaskan dari tarif impor.
Untuk alasan yang tidak diketahui, ketika direvisi dua tahun kemudian, koma menyimpang menyelinap di antara "buah" dan "tumbuhan". Tiba-tiba semua buah-buahan tropis dan semi-tropis dapat diimpor tanpa biaya.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan

Tag Terpopuler