Tak ada dikotomi (pemisahan) ilmu pengetahuan (kecuali ilmu sihir).

الاثنين، 7 فبراير 2022

Contoh Soal dan Jawaban Kompetensi Teknis PPPK Guru - 1


Pembahasan Soal Kompetensi Teknis Guru

Nomor 1
Untuk membantu perkembangan siswa secara maksimal, guru dapat menggunakan strategi pembelajaran yang bersifat demokratis, salah satunya metode diskusi. Hal ini dilakukan untuk mengembangkan diri siswa pada aspek ....
A. Fisik
B. Emosi
C. Sosial
D. Kepribadian
Jawaban
Jawaban: D. Kepribadian
Seorang guru dapat menggunakan strategi pembelajaran yang bersifat demokratis dengan menerapkan model bimbingan bagi siswa, baik secara individu maupun kelompok, salah satunya dengan metode dis kusi. Hal ini dilakukan untuk dapat membantu perkembangan sosial siswa secara maksimal

Nomor 2
Menurut Piaget, ciri-ciri perkembangan intelektual siswa yang ditandai dengan kemampuan siswa dalam mengklasifikasikan objek pada tingkat dasar secara tunggal dan mencolok adalah tahap .... 
A. Sensori-motorik
B. Pra-operasional
C. Operasional konkrit
D. Operasional formal
Jawaban
Jawaban:B. Pra-operasional
Menurut Jean Piaget (1896-1980),tokoh psikologi kognitif, perkembangan intelektual (kognitif) anak dan remaja (siswa) dibagi menjadi empat tahap, yakni tahap sensori-motorik (usia 0-2 tahun), tahap pra-operasional(2-7 tahun), tahap operasional konkrit (7-11 tahun), dan tahap operasional formal (11-15 tahun). Ciri perkembangan intelektual siswa tahap pra-operasional meliputi 1) self-counter nya sangat menonjol, 2) dapat mengklasifikasikan objek pada tingkat dasar secara tunggaldan mencolok,3)tidak mampu memusatkan perhatian pada objek-objek yang berbeda, 4) mampu mengumpulkan barang-barang menurut kriteria,termasuk kriteria yang benar,dan 5) dapat menyusun benda-benda secara berderet,tetapi tidak dapat menjelaskan perbedaan antara deretan

Nomor 3.
Dalam proses pembelajaran di kelas, seorang guru mengidentifikasi kesiapan siswa, seperti tidak mengantuk saat di kelas, tidak mengalami gangguan panca indera, seperti mata dan telinga, tidak mudah lesu di kelas, dan siswa dalam kondisisehat. Kesiapan siswa dalam proses pembelajaran yang dimaksud adalah ... 
A. Kesiapan fisik
B. Kesiapan psikis
C. Kesiapan emosi
D. Kesiapan kognisi
Jawaban
Jawaban: A. Kesiapan fisik
Bagi guru, mengetahui kesiapan siswa dalam proses pembelajaran merupakan hal yang sangat penting. Hal ini dilakukan agar guru dapat memberikan tindak lanjut atau saran tertentu untuk mempersiapkan kondisi siswa dalam proses pembelajaran. Identifikasi kesiapan siswa yang ditandai dengan siswa tidak mengantuk saat di kelas,siswa tidak mengalami gangguan panca indera, seperti mata dan telinga, siswatidak mudah lesu di kelas,dan siswa dalam kondisi sehat merupakan bagian kesiapan fisik siswa dalarn proses pembelajaran.

Nomor 4
Menurut konsep mastery learning, kesulitan belajar siswa ditandai dengan ....

A. Siswamengabaikan dan lambat dalam melakukan aktivitas dan menyelesaikantugas belajar
B. Siswamenunjukkan sikap yang kurang produktif dan kurang pantas
C. Siswa menunjukkan tingkah laku yang tidak mendukung dan tidak wajar
D. Siswa tidak dapat mencapai ukuran keberhasilan tingkat penguasaan minimal dalam pelajaran tertentu, untuk periode pembelajaran tertentu
Jawaban
Jawaban: D. Siswa tidak dapat mencapai ukuran keberhasilan tingkat penguasaan minimal dalam pelajaran tertentu, untuk periode pembelajaran tertentu
Menurut konsep mastery learning (belajar tuntas), kesulitan belajar siswa ditandai dengan: a) Siswa tidak dapat mencapai ukuran keberhasilan tingkat penguasaan minimal dalam pelajaran tertentu, untuk periode pembelajaran tertentu, b) Prestasi belajarnya jauh di bawah potensi yang diperkirakan lebih tinggi, c) Siswa tidak mampu melakukan tugas-tugas dalam proses pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangannya, d) Siswa tidak mampu menguasai pengetahuan prasyarat.

Nomor 5
Jika siswa terlihat bosan dan tidak antusias mengikuti pembelajaran, guru sebaiknya melakukan hal-hal berikut, kecuali .... 
A. Menggunakan pembelajaranberbasis game
B; Menggunakan pendekatan active learning
C. Melakukan pembelajaran diluar ruangan
D. Menyarankan siswa untuk menahan kebosanannya
Jawaban
Jawaban: D. Menyarankan siswa untuk menahan kebosanannya
Salah satu hal yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi kebosanan dan ketidakantusiasan siswa dalam pembelajaran adalah dengan menggunakan variasi strategi pembelajaran. Dengan demikian, guru dapat melakukan variasi strategi pembelajaran dengan pembelajaran inovatif seperti pembelajaran berbasis permainan/game, pembelajaran aktif (active learning), pembelajaran di luar ruangan, dan pembelajaran inovatif lainnya.

Nomor 6
Ari dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas bersikap acuh tak acuh. Berikut ini yang sebaiknya dilakukan guru Ari adalah ... 
A. Mengajak diskusi Ari secara personal untuk mencari solusi masalah
B. Mengelompokkan Ari dengan teman akrabnya
C. Memberikan tugas sesuai kemampuan Ari
D. Memberikan kesempatan Ari untuk menyelesaikan massalahnya
Jawaban
Jawaban: A. Mengajak diskusi Ari secara personal untuk mencari solusi masalah
Cara yang dapat dilakukan dengan permasalahan siswa yang tidak siap dalam kegiatan pembelajaran adalah melakukan konseling terhadap siswa yang mempunyai masalah dalam pembelajaran di kelas tersebut. Salahsatu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengajak diskusi siswa secara personal untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Nomor 7
Anggapan yang keliru atau miskonsepsi terkait siswa yang berbakat adalah .... 
A. Siswa yang berbakat berpikir lebih raslonal
B. Bakat dapat teraktualisasi, tetapi juga dapat mati
C. Siswa yang berprestasi adalah siswa yang berbakat
D. Menilai bakat siswa dapat menggunakan beragam penilaian
Jawaban
Jawaban: C. Siswa yang berprestasi adalah siswa yang berbakat
Bakat merupakan potensi kemampuan siswa yang bersifat unggul. Siswa yang berpotensi ataupun yang berbakat memiliki karakteristik tertentu, utamanya antara lain: cepat belajar akan hal baru, fleksibel dan unik dalam memecahkan masalah dan menyampaikan ide, pemahaman dan observasi yang mendalam, kegigihan dalam bekerja/berpikir, percaya diri dan berani mengambil risiko, terampil mengaplikasi ke situasi yang baru, dapat berpikir abstrak dan efisien, intuisi yang tajam, dan cenderung berpikir strategis daripada prosedural. Siswa yang berbakat tidak selalu sama dengan siswa dengan prestasi.

Nomor 8
8. Berikut ini adalah cara meningkatkan kemampuan siswa dalam hal kemampuan penalaran dan berpikir .... 
A. Memberikan stimulan siswa dengan soal penalaran tinggi
B. Membiasakan siswa dengan soal-soal yang mengasah keterampilan berhitung
C. Membiasakan siswa untuk mengingat fakta
D. Membiasakan siswa untuk menyelesaikan masalah secara prosedural
Jawaban
Jawaban: A. Memberikan stimulan siswa dengan soal penalaran tinggi
Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam kemampuan penalaran dan berpikir adalah dengan memberikan stimulan siswa dengan soal penalaran tinggi. Soal penalaran tinggi merupakan salah satu soal yang mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi atau biasa disebut soal HOTS(Higher order thinking skim.Ada juga yang menyebut dengan soal nonrutin (nonroautine problem) merupakan soal yang tidak dapat diselesaikan dengan menggunakan prosedur penyelesaian soal biasa. Biasanya soal penalaran tinggi merupakan soal pernecahan masalah.

Nomor 9
Berikut ini merupakan cara yang dapat dilakukan guru untuk mencegah terjadinya tindakan amoral di kalangan siswa SMp,kecuali .... 
A. Guru terus menumbuhkan selfefficacy siswa
B. Guru menanamkan nilai-nilai keagamaan yang melarang tindakan amoral
C. Guru memberikan penjelasan kepada siswa akibat tindakan amoral
D. Guru menjelaskan dampak tindakan amoral bagi siswa, keluarga, dan masyarakat
Jawaban
Jawaban: A. Guru terus menumbuhkan selfefficacy siswa
Guru dapat melakukan kegiatan preventif dalam mengatasi terjadinya tindakan amoral di kalangan siswa SMP,antara lain: guru menanamkan nilai-nilai keagamaan yang melarang tindakan amoral, guru memberikan penjelasan kepada siswa akibat tindakan amoral, dan guru menjelaskan dampat tindakan amoral bagi .siswa, keluarga, dan masyarakat.

Nomor 10
Asih memperoleh nilai yang rendah pada tes harian materi garis singgung lingkaran. Guru matematika Asih menemukan bahwa Asih tidak tepat memodelkan permasalahan dari gambar yang diberikan. Kesulitan belajar Asih adalah .... 
A. Memory
B. Reasoning and logical thinking
C. Visual-spatial relationship
D. Executive functioning
Jawaban
Jawaban: C. Visual-spatial relationship
Barrett (2015) mengelompokkan kesulitan belajar matematika ke dalam tiga jenis kesulitan, yakni: 1) memory (memori), yakni kesulitan siswa dalam mengingat fakta dasar atau aturan dasar, 2) reasoning and logical thinking (penalaran dan berpikir logis), yakni kelemahan siswa dalam penalaran dan berpikir l0gis, 3) visual-spatial relationship (relasi visual-spasial), yakni kelemahan dalam ketrampilan visual dan spasial (keruangan). Asih mengalami kesulitan visual-spatial relationship (relasi visual spasial). Hal ini terjadi karena Asih kesulitan memodelkan permasalahan dari bentuk bangun dan ketidakmampuan membaca pola sederhana dari gam bar dan tulisan.

Nomor 11
Belajar pada hakikatnya merupakan proses pembentukan hubungan antara stimulus dan respon. Pernyataan tersebut merupakan teori belajar dari .... 
A. Skinner
B. Ausubel
C. Thorndike
D. Bandura
Jawaban
Jawaban: C. Thorndike
Teori belajar stimulus-respon dikemukakan oleh Thorndike (1874-1949). la mengemukakan bahwa hakikatnya belajar merupakan prosespembentukan hubungan antara stimulus dan respon. Belajar akan berhasil bila respon siswa terhadap suatu stimulus diikuti dengan rasa senang atau kepuasan. Rasa senang atau kepuasan ini bisa timbul akibat anak mendapatkan pujian atau hadiah (reward).

Nomor 12
Bu Siska akan menyampaikan materi baru dalam kelasnya. Sebelum memulai proses belajar mengajar, Bu Siska memastikan siswanya siap untuk mengikuti pembelajaran yang akan disampaikannya dengan memberikan aktivitas yang menarik perhatian siswanya agar dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar. Langkah yang dilakukan Bu Siska termasuk salah satu penerapan teori belajar .... 
A. Brunner
B. Thorndike
C. Bandura
D. Skinner
Jawaban
Jawaban: B. Thorndike
Langkah yang dilakukan oleh Bu Siska adalah menerapkan pembelajaran berdasarkan teori belajar Thorndike. Salah satu implikasi teori belajar Thorndike dalam kegiatan belajar mengajar adalah guru perlu memberikan contoh dalam kegiatan sehari-hari dalam proses pembelajaran untuk menjelaskan suatu konsep. Selain itu, guru menerapkan metode pemberian tugas dan latihan (drill and practice) untuk penguatan dan hafalan.

Nomor 13
"Hebat Nak, tingkatkan prestasimu " kata Pak Alif, guru kelas III suatu sekolah dasar. Penguatan positif Pak Alit disampaikan terhadap siswa yang berprestasi. Tindakan Pak Alit tersebut sesuai teori belajar yang dikemukakan oleh .... 
A. Bandura
B. Pavlov
C. Skinner
D. Thorndike
Jawaban
Jawaban: C. Skinner
Teori belajar Skinner mengemukakan bahwa ganjaran atau penguatan mempunyai peranan yang penting dalam proses belajar mengajar. Ganjaran merupakan respon yang sifatnya menggembirakan dan merupakan tingkah laku yang bersifat subjektif, sedangkan penguatan merupakan sesuatu yang mengakibatkan meningkatnya kemungkinan suatu respon dan lebih mengarah kepada hal-hal yang sifatnya dapat diamati dan diukur. Kata ucapan Pak Alif tersebut merupakan bentuk ganjaran atau penguatan yang positif atas keberhasilan prestasi anak didiknya.

Nomor 14
14. Konsep penting dalam teori belajar dari Vygotsky adalah .... 
A. Scaffolding dan conditioning
B. Scaffolding dan Zone of Proximal Development (ZPD)
c. Zone of Proximal Development, low effet, dan scaffolding
D. Reinforcementdan punishment
Jawaban
Jawaban:B. Scaffolding dan Zone of Proximal Development (ZPD)
Konsep penting dalam teori belajar dari Vygotsky adalah zona perkembangan proksimal (zone of proximat development) dan topangan/dukungan dinamis (scaffolding). ZPD adalah zona atau area dimana anak dapat berkembang secara mandiri dari apa yang bisa dicapai anak tersebut jika anak tersebut mendapat bantuan orang lain yang lebih kompeten. Bantuan yang bertujuan agar anak mampu mengerjakan tugas-tugas atau soal­soal yang lebih tinggi tingkat kerumitannya daripada tingkat perkembangan kognitif yang aktual dari anak yang bersangkutan disebut topangan/dukungan dinamis (scaffolding). 

Nomor 15
Pembelajaran yang bermakna mendorong siswa untuk lebih .... 
A. Memahami
B. Mandiri
C. Menghargai
D. Terampil
Jawaban
Jawaban: A. Memahami
Belajar bermakna merupakan teori belajar yang dikembangkan oleh David Ausubel. Kegiatan pembelajaran bermakna (meaningful learning) akan terjadi jika anak mencoba menghubungkan pengetahuan baru dengan pengetahuan yang sudah dimilikinya. Oleh karena itu, anak tidak hanya menghafal apa yang diajarkan guru, atau belajar tak bermakna (rote learning), tetapi anak penting memahami makna atau isi dari apa yang dihafalkan.

Nomor 16
16. Salah satu contoh kegiatan aper­sepsi dalam membuka pelajaran adalah .... 
A. Mengucapkan salam
B. Menanyakan siswa yang tidak masuk
C. Mengingatkan kembali materi sebelumnya yang terkait
D. Semua jawaban benar
Jawaban
Jawaban: B. Menanyakan siswa yang tidak masuk
Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP),kegiatan membuka pelajaran biasanya disebut kegiatan pendahuluan atau kegiatan awal pembelajaran. Isinya meliputi penyampaian apersepsi, tujuan pembelajaran yang akan dilakukan, dan pemberian motivasi. Kegiatan apersepsi berisi penyampaian materi yang terkait dengan materi yang akan dibahas yang telah diketahui atau dikuasai siswa sebelumnya (baik pada pertemuan sebelumnya atau kelas bahkan jenjang sebelumnya).

Nomor 17
Klarifikasi, meminta siswa memberikan alasan, meminta kesepakatan pandangan, meminta ketetepatan jawaban dan meminta jawaban yang lebih relevan adalah bagian dari .... 
A. Tujuan guru memberikan pertanyaan
B. Komponen-komponen mem beri pertanyaan
C. Fungsiguru memberi pertanyaan
D. Teknik pertanyaan pelacak yang dilakukan guru
Jawaban
Jawaban: D. Teknik pertanyaan pelacak yang dilakukan guru
Salah satu komponen keterampilan bertanya dasar dan lanjut adalah penggunaan pertanyaan pelacak. Jika jawaban yang diberikan siswa dinilai guru benar, tetapi masih dapat ditingkatkan menjadi lebih sempurna maka guru dapat mengajukan pertanyaan-pertanyaan pelacak kepada siswa tersebut. Teknik pertanyaan pelacak yang dapat digunakan guru di antaranya adalah: klarifikasi, meminta siswa memberikan alasan, meminta kesepakatan pandangan, meminta ketepatan jawaban, meminta jawaban yang lebih relevan, meminta contoh, dan meminta jawaban yang lebih kompleks

Nomor 18
Berdasarkan Permendikbud No. 22 Tahun 2016, berikut ini termasuk prinsip pembelajaran yang disarankan, kecuali .... 
A. Siswa belajar lebih dari satu sumber belajar
B. Pembelajaran menuju ketrampilan aplikatif
C. Penggunaan leT dalam proses pembelajaran
D. Pembelajaran bertumpu pada budaya global
Jawaban
Jawaban: D. Pembelajaran bertumpu pada budaya global
Permendikbud No. 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Prinsip pembelajaran yang tersubut dalam peraturan tersebut meliputi memperhatikan perbedaan individual peserta didik, partisipasi aktif peserta didik, berpusat pada peserta didik, pengembangan budaya membaca dan menulis, pemberian umpan balik dan tindak lanjut, penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar, mengakomodasi pembelajaran tematik terpadu, dan penerapan TIK terintegrasi.

Nomor 19
Model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) memiliki karakteristik aktivitas yang berbeda dengan model pembelajaran lainnya. Berikut ini pernyataan yang benar terkait aktivitas siswa dalam model pembelajaran berbasis proyek adalah .... 
A. Aktivitas belajar menuntut keterampilan siswa yang multi aspek
B. Seluruh aktivitas siswa dilakukan di luar kelas dalam dunia nyata
C. Aktivitas siswa meliputi ketrampilan statistika
D. Aktivitas siswa meliputi belajar kelompok
Jawaban
Jawaban: A. Aktivitas belajar menuntut keterampilan siswa yang multi aspek
Pembelajaran berbasis proyek adalah model pembelajaran yang melibatkan siswa dalam suatu kegiatan (proyek) yang menghasilkan suatu proyek. Aktivitas siswa dalam pernbelajaran ini adalah mendesain proyeknya sendiri, menyelesaikan proyek seeara berkelompok, dan mempresentasikan produk yang dibuat. Dalam mengikuti kegiatan ini, siswa dituntut mempunyai keterampilan siswa yang multi aspek.

Nomor 20
Strategi pembelajaran lebih luas daripada metode karena strategi.. 
A. Terdiri dari semua komponen materi pembelajaran
B. Meliputi sifat. lingkup, dan urutan kegiatan
C. Merupakan impiementasi metode
D. Merupakan jalan atau alat mencapai tujuan
Jawaban
Jawaban: B. Meliputi sifat. lingkup, dan urutan kegiatan
Strategi pembelajaran adalah suatu siasat yang digunakan oleh guru untuk mencapai tujuan pembelajaran yang di dalamnya meneakup pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran. Strategi pembelajaran meliputi sifat, lingkup, dan urutan kegiatan pembelajaran.


/begin /end

ليست هناك تعليقات:

إرسال تعليق

Tag Terpopuler